SOAL ESSAY OTOMATISASI PERKANTORAN
1. Apa yang dimaksud dengan dokumen?
2. Apa yang anda ketahui tentang surat dan memo?
3. Bagaimana cara membuat program penghargaan, brosur dan kalender di Microsoft Publisher?
4. Bagaimana cara pengetikan simbol rumus untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian yang ada di Microsoft Excel jika kalian membuat laporan kas kecil?
5. Bagaimana cara sistematika laporan yang baik dan bagaimana cara mengetik daftar isi dan daftar pustaka?
Jawaban
1. Dokumen adalah sebuah tulisan yang memuat informasi . Biasanya, dokumen ditulis di kertas dan informasinya ditulis memakai tinta baik memakai tangan atau memakai media elektronik seperti printer.
2. Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.
Memo adalah pesan yang ditulis dengan singkat, jelas dan mudah untuk dipahami.
3. Cara membuat penghargaan :
- Buka aplikasi ms. publisher
- Klik "Award Certificats" lalu klik "Create"
- Isi data penghargaan
- Ganti logo sesuai logo instansi yang mengeluarkan penghargaan
- Ganti juga tampilan desain dengan cara pilih menu "Format" lalu menu Shape Fill"
- Jika sudah selesai simpan file dengan pilih "File" lalu "Save"
Cara membuat brosur :
- Buka aplikasi ms. publisher
- Klik "Brochures" lalu klik "Create"
- Isi data brosur
- Atur text, warna dan gambar sesuai yang diinginkan
- Jika sudah selesai simpan file dengan pilih "File" lalu "Save"
Cara membuat kalender :
- Buka aplikasi ms. publisher
- Klik "Calendar" lalu klik "Create"
- Atur text, warna dan gambar sesuai yang diinginkan
- Jika sudah selesai simpan file dengan pilih "File" lalu "Save"
4. Rumus penjumlahan : =SUM
Rumus pengurangan : =A2-B2
Rumus perkalian : =PRODUCT
Rumus penjumlahan : Rumus pada sel C2 =SUM (A2:B2) kemudian ENTER hasilnya 250
Rumus pengurangan : Rumus pada sel C2 =A2-B2 kemudian ENTER hasilnya 50
Rumus perkalian : Rumus pada sel C2 =PRODUCT (A2:B2) kemudian ENTER hasilnya 125
5. Cara mengetik daftar isi :
- Buka ms. word
- Klik view lalu pilih ruler
- Ketik daftar isi, paragraf kedua kata pengantar
- Pilih left dan pilih model yang ada titiknya
- Kemudian atur posisi sehimgga membentuk formasi
- Untuk membuatnya otomatis, tekan TAB pada keyboard
Cara mengetik daftar pustaka :
- Buka ms. word
- Klik ribbon refrence lalu manuage source aka keluar source mange dan klik new
- Ketik daftar pustaka
- Close dan untuk menampilkan daftar pustaka klik ribbon refrence bilbiography lalu insert bilbiograpy
0 komentar:
Posting Komentar